fbpx
22/06/2021
Hasil Foil/Hotprint/Poly Emas

Apa itu Hot Stamping atau Hot Print?

hotprint atau sering juga disebut dengan istilah foil atau hot stamping merupakan salah satu metode cetak yang menggunakan foil warna (plastik polyester khusus yang telah dilapisi resin warna khusus)  yang ditransferkan ke media cetak dengan mesin khusus yang memiliki suhu tinggi sehingga menghasilkan cetakan yang mengkilap.

Ada beberapa warna yang umumnya dipakai, seperti warna emas, perak, rose gold, chrome blue, chrome green, chrome black dan beberapa warna yang lain. Selain warna-warna khusus tersebut diatas, bisa juga menggunakan bahan plastik holographic film untuk menghasilkan cetakan dengan efek hologram.

Mesin Hotprint / Foil / Hot Stamping

Lalu Bagaimana Proses Pengerjaan Foil/Hotprint?

Untuk menghasilkan cetakan dengan warna khusus ini diperlukan mesin khusus yang biasa disebut mesin Hotprint atau Hot Stamping. Sebelum dilakukan pengepressan di perlukan yang namanya klise atau matras cetak atau moulding yang berisi design atau cetakan yang ingin kita buat. Plat ini terbuat dari sejenis plat aluminium dengan ketebalan 3mm, plat ini nantinya akan ditempelkan pada permukaan mesin hotprint dan dipanasi dan dipresskan ke media cetak. Nah, plastik pewarnaanya (plastik foil) diletakan diantara plat cetak dan media cetak.

Maka dari itu oplah cetak hotprint haruslah banyak atau minimal 500 lembar per designnya untuk menekan biaya produksinya. karena waktu setting mesin lama, dan biaya pembuatan matras juga mahal.

Nah,sekarang lebih tahu kan bagaimana proses hotprint/foil dan mengapa biaya cetak hotprint atau foil ini juga mahal. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan Anda tentang apa itu Foil/ Hotprint dalam dunia percetakan dan finishing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X