fbpx
28/06/2021

Sejarah Self-Adhesive Sticker

Stiker, pada awalnya diproduksi oleh 3M Corporation di tangan seorang ahli kimia pada tahun 1964. Saat itu, ketika mempelajari berbagai formulasi perekat, ia merumuskan jenis perekat baru dengan viskositas yang lebih besar tetapi tidak mudah kering. Dapat digunakan untuk menempelkan sesuatu, bahkan setelah waktu yang lama dapat dengan mudah dikelupas tanpa menginggalkan banyak bekas lem.

Pada tahun 1973, tim pengembangan produk baru dari perusahaan 3M menerapkan lem ini ke bagian belakang merek dagang yang umum digunakan, dan kemudian merekatkan selembar kertas yang dilapisi dengan lapisan lilin pada lem tersebut atau yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan backpaper. Dengan cara ini, kertas label pertama di dunia lahir. Akibatnya, peran perekat diri telah ditemukan oleh orang-orang satu demi satu, dan semakin banyak orang menggunakan perekat diri.

Stiker Label

Jenis-jenis Stiker

Stiker secara kasar dapat dibagi menjadi dua jenis: satu adalah label berperekat berbasis kertas, dan yang lainnya adalah label berperekat berbasis film.

  1. Label berperekat berbasis kertas, Sering kali digunakan untuk label botol pada produk pencuci cair dan produk perawatan pribadi dan bahan film terutama digunakan untuk produk kimia harian menengah dan tinggi. Saat ini, produk perawatan pribadi yang populer dan produk pencuci cair rumah tangga di pasaran menempati sebagian besar, sehingga bahan kertas yang sesuai lebih banyak digunakan.
  2. Label berperekat tipe film biasanya digunakan pada PE, PP, PVC dan beberapa bahan sintetis lainnya. Bahan film tipis Ada tiga jenis utama: putih, matte, dan transparan. Karena kemampuan cetak bahan film tidak terlalu baik, umumnya diperlakukan dengan korona atau dengan menambahkan lapisan pada permukaan untuk meningkatkan kemampuan cetaknya. Untuk menghindari deformasi atau robeknya beberapa bahan film selama proses pencetakan dan pelabelan, beberapa bahan juga akan menjalani perawatan terarah, peregangan searah atau peregangan dua arah, Misalnya, penerapan bahan BOPP yang diregangkan secara biaksial cukup umum.

Penggunaan Stiker

Saat Ini stiker jenis banyak digunakan sebagai materi iklan multi-arah yang banyak digunakan dalam industri advertising. Aplikasi penggunaannya termasuk pada industri Printing Offset maupun Digital, Neon Box, produksi papan nama, Signage, produksi papan pameran, dan banyak aspek lainnya.

Dan dalam industri logistik untuk keperluan labeling.
Dalam beberapa tahun terakhir, industri logistik muncul di negara kita, dan logistik modern memiliki permintaan yang meningkat untuk label pencetakan informasi variabel, seperti label penyimpanan dan transportasi, label bagasi, label supermarket, dll.

Selain itu stiker juga digunakan dalam industri farmasi, industri kimia, industri komoditas, industri pengemasan, dll., Yang terkait erat dengan kehidupan.

Contoh stiker label pada botol kaca

Label elektronik dan listrik yang digunakan dalam industri elektronik dan listrik: berbagai jenis peralatan listrik ditempel dengan banyak kemampuan Stiker, Tag ini memiliki satuan luas dan jumlah yang besar. Selain itu, label berperekat juga banyak digunakan sebagai penanda produk industri (komputer, dll.), yang juga mendorong permintaan akan label berperekat.

Related Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X